Close Klik 2x

Persiapan Hantaran Pernikahan Dan Hantaran Pernikahan Adat Aceh (serahan)

13 Persiapan Hantaran Pernikahan Dan Hantaran Pernikahan Adat Aceh (serahan) - Upacara pernikahan jadi peristiwa yang sakral untuk tiap-tiap pasangan. Mereka bakal mengikat janji untuk selama-lamanya. Dapat disebutkan sistem pernikahan mesti lewat Persiapan Pernikahan yang benar serta supaya bisa dikerjakan dengan efisien. Saat anda pilih detil pernikahan, jangan sempat tertinggal permasalahan hantaran. Ini jadi salah satu hal yang utama dalam satu pernikahan, lantaran tunjukkan bagaimanakah pihak lelaki dapat menyanggupi keperluan istrinya nantinya. Juga sebagai lambang dari ke-2 mempelai jadi, kesiapan alat – alat pengisi hantaran mesti disiapkan dengan benar.


Persiapan Hantaran Pernikahan Dan Hantaran Pernikahan Adat Aceh (serahan)

Anda pasti tidak asing dengan hantaran pernikahan yang umum diperoleh dari pegantin laki-laki pada pengantin wanita. Seperti seperti barang yang bakal diberikan jadi Langkah bikin hantaran pernikahan juga sangatlah memengaruhi penilain seorang. Terutama barang yang bakal diberikan di acara yang utama seperti seserahan pernikahan.

Langkah bikin hantaran pernikahan itu simpel serta anda juga dapat membuatnya sendiri serta sistem ini tak ada bedanya waktu anda bikin parcel. Kunci simpel dari langkah bikin hantaran pernikahan yaitu terdapat pada hiasan atau aksesori. Hiasan yang ada di dalam hantaran pernikahan itu terdiri dari beragam jenis bergantung dari selera semasing. Hiasan itu akan bertindak sebagai wadah untuk barang yang akan diberikan. Bukan hanya itu, hiasan bisa pula memperindah hantaran yang akan diberikan.

Langkah-Langkah Membuat Hantaran Pernikahan :

Untuk mempersiapkan sendiri hantaran yang cantik dan menarik anda memerlukan sebagian panduan. Sebagian panduan yang kami hidangkan ini mudah-mudahan bisa membatu anda untuk merangkai hiasan hantaran supaya terlihat bagus dan indah. Dibawah ini berapakah panduan langkah bikin hantaran pernikahan, yuuk di cobalah :

1. Buat yang Sesuai

Langkah bikin hantaran pernikahan yang pertama berkenaan dengan aksesories yang akan digunakan. Aksesories yang digunakan sebaiknya tidak terlampau berlebihan dan sesuai sama sama kepentingan. Aksesories yang terlalu banyak akan buat tampilan hantaran pernikahan tidak enak dipandang mata. Sebaiknya, Anda konsentrasi pada hantaran pernikahan yang akan diberikan. Pakai aksesori atau hiasan untuk hantaran pernikahan dalam jumlah yang sedikit saja, jika kata orang bule less is more. 

2. Menghias dengan Pita

Salah satu aksesories yang bisa anda gunakan yakni pita. Pita dapat digunakan untuk menghias hantaran pernikahan sebagai tali yang ada di bagian atas. Anda dianjurkan untuk menggunakan pita yang mempunyai bahan kain seperti pita satin, pita jepang ataupun pita organdi. Kesemua pita yang diterangkan yakni pita yang mudah untuk di buat dan digunakan. 

3. Kreasikan inspirasi Anda

Supaya hantaran pernikahan yang diserahkan dapat menarik perhatian orang, sebaiknya anda bikin bentuk yang berbeda pada setiap hantaran. Dengan bentuk yang berbeda, misalnya untuk mukena dapat di buat serupa hewan. Tengah untuk hantaran yang lain, seperti mas kawin (uang) dapat di buat seperti kipas. Bentuk yg tidak sama dapat kurangi kejenuhan dari orang yang melihatnya. 

4. Cocokkan Bentuk Hantaran dengan Isi Hantaran

Yang perlu diingat dalam menghiasi hantaran pernikahan yakni dengan cocokkan bentuk hantaran dengan isi yang akan diberikan. Jangan sempat anda pilih wadah hantaran yg tidak sesuai sama isainya. Hantaran pernikahan yang besar juga harus ditempatkan pada wadah yang besar juga. Bila ada tempat yang longgar, jadi Anda bisa menggunakan hiasan untuk mengisinya. Cocokkan hiasan dengan isi hantaran itu. 

5. Gunakan Plastik Pembungkus dan Jarum Pentul

Untuk jauhi hantaran pernikahan dari kotoran dan debu-debu yang beterbangan, anda dapat menggunakan plastik yang sebagai pembungkusnya. Misalnya anda bisa menggunakan dengan plastik tipis bermotif untuk memperindah hantaran yang akan digunakan. Jarum pentul dapat digunakan untuk membantu anda yang memiliki maksud supaya hantaran terlihat rapi dan tidak mudah rusak. 

6. Gunakan Dua Bahan

Anda bisa cobalah dengan menggunakan dua bahan dalam menghias hantaran pernikahan. Dengan menggunakan dua bahan dapat menghasilkan hiasan yg tidak sama. Jangan sampai terlalu terpaku pada jenis yang ada. Hal unik yang terwujud akan membuatnya terlihat berbeda dari yang lain. Seperti misalnya anda dapat menggunakan motif bola dengan motif salur. Jangan sampai lupa juga untuk selalu memperhatikan keserasiannya.

Dan ada Beragam Jenis Hantaran Pernikahan :

Untuk anda yang tengah menyiapkan pernikahan, pasti bukanlah perkara gampang mengatur kelengkapan dari hantaran. Terdapat beberapa barang atau benda untuk disiapkan. Persiapan Pernikahan yang anda kerjakan bakal meliputi dalam pilih barang isi hantaran, serta bagaimanakah mesti membuat hantran itu. Tetapi anda tak perlu cemas, bila tidak mau ribet dalam menyiapkan hantaran. 

Di bawah ini saya akan berikan tips2nya :

Pakai layanan pembuat hantaran. Dalam sistem Persiapan Pernikahan, customer dapat dengan gampang mencari layanan ini. Lantaran gampang didapati serta harga dari hantaran memanglah tak terlampau mahal. Seandainya isi dari hantaran itu memanglah benda – benda yang diperlukan.
Pastikan layanan pembuat hantaran yang sudah diakui, lantas ambillah hantaran itu minimum dua minggu saat sebelum hari pernikahan bakal dikerjakan.
Ada barang-barang Persiapan Pernikahan yang perlu ada didalam hantaran, yakni :

Hantaran dengan isi Perlengkapan Shalat

Untuk sebagian pasangan, isi perlengkapan shalat melambangkan bahwa, ini adalah basic dari pernikahan mereka. Dengan melengkapi seserahan Anda dengan type alat shalat seperti sejadah, mukena, serta yang lain, pasti pernikahan bakal jadi makin barokah. 

Hantaran berbentuk Perhiasan

Perhiasan jadi hal yang pantas di perhatikan saat menyiapkan Persiapan Pernikahan. Mulai dari macamnya, beratnya, sampai ukuran & jenisnya. Bila anda memanglah punya niat untuk beli perhiasan, jadi upayakan untuk membelinya dalam set, Supaya tampak jadi lebih cantik. 

Hantaran Pernikahan diisi Sepatu

Kelengkapan sandal atau sepatu, dapat didapati dengan gampang dalam isi hantaran. Anda dapat memilihnya dengan cara cermat dalam Persiapan Pernikahan. Merk hingga kwalitas dari barang itu, mesti di pastikan mempunyai kwalitas yang bagus. 

Hantaran Diisi Kosmetik

Wanita serta kecantikan memanglah tak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, sistem Persiapan Pernikahan juga diperlukan untuk menyiapkan alat – alat kosmetik untuk sang mempelai wanita, supaya tampak makin cantik. 

Hantaran Diisi Kebaya

Salah satu type seserahan ada yang diisi kebaya, hantaran ini dapat diketemukan dalam pernikahan yang memakai kebiasaan jawa. Di sini umumnya kebaya diberikan juga sebagai symbol bahwa ke-2 mempelai siap untuk melindungi rahasia dari rumah tangganya. 

Hantaran Diisi Makanan

Makanan seperti buah – buahan atau kue kering, yaitu isi dari hantaran yang didapatkan. Umumnya diberikan dengan bentuk mirip parcel.

Di bawah ini ada juga Hantaran Pernikahan Yang Di budidayakan Di ACEH :

Untuk mencarikan jodoh untuk anak lelaki yang telah dikira dewasa jadi pihak keluarga bakal kirim seseorang yang bijak dalam bicara (dimaksud theulangke) untuk mengaturi perjodohan ini. Bila theulangke sudah memperoleh gadis yang disebut jadi terlabih dulu dia bakal meninjau status sang gadis. Bila belum ada yang mempunyai, jadi dia bakal mengemukakan maksud melamar gadis itu. 

13 Persiapan Hantaran Pernikahan Dan Hantaran Pernikahan Adat Aceh (serahan) - Upacara pernikahan jadi peristiwa yang sakral untuk tiap-tiap pasangan. Mereka bakal mengikat janji untuk selama-lamanya. Dapat disebutkan sistem pernikahan mesti lewat Persiapan Pernikahan yang benar serta supaya bisa dikerjakan dengan efisien. Saat anda pilih detil pernikahan, jangan sempat tertinggal permasalahan hantaran. Ini jadi salah satu hal yang utama dalam satu pernikahan, lantaran tunjukkan bagaimanakah pihak lelaki dapat menyanggupi keperluan istrinya nantinya. Juga sebagai lambang dari ke-2 mempelai jadi, kesiapan alat – alat pengisi hantaran mesti disiapkan dengan benar.  Persiapan Hantaran Pernikahan Dan Hantaran Pernikahan Adat Aceh (serahan)   Anda pasti tidak asing dengan hantaran pernikahan yang umum diperoleh dari pegantin laki-laki pada pengantin wanita. Seperti seperti barang yang bakal diberikan jadi Langkah bikin hantaran pernikahan juga sangatlah memengaruhi penilain seorang. Terutama barang yang bakal diberikan di acara yang utama seperti seserahan pernikahan.   Langkah bikin hantaran pernikahan itu simpel serta anda juga dapat membuatnya sendiri serta sistem ini tak ada bedanya waktu anda bikin parcel. Kunci simpel dari langkah bikin hantaran pernikahan yaitu terdapat pada hiasan atau aksesori. Hiasan yang ada di dalam hantaran pernikahan itu terdiri dari beragam jenis bergantung dari selera semasing. Hiasan itu akan bertindak sebagai wadah untuk barang yang akan diberikan. Bukan hanya itu, hiasan bisa pula memperindah hantaran yang akan diberikan.  Langkah-Langkah Membuat Hantaran Pernikahan :  Untuk mempersiapkan sendiri hantaran yang cantik dan menarik anda memerlukan sebagian panduan. Sebagian panduan yang kami hidangkan ini mudah-mudahan bisa membatu anda untuk merangkai hiasan hantaran supaya terlihat bagus dan indah. Dibawah ini berapakah panduan langkah bikin hantaran pernikahan, yuuk di cobalah : 1. Buat yang Sesuai  Langkah bikin hantaran pernikahan yang pertama berkenaan dengan aksesories yang akan digunakan. Aksesories yang digunakan sebaiknya tidak terlampau berlebihan dan sesuai sama sama kepentingan. Aksesories yang terlalu banyak akan buat tampilan hantaran pernikahan tidak enak dipandang mata. Sebaiknya, Anda konsentrasi pada hantaran pernikahan yang akan diberikan. Pakai aksesori atau hiasan untuk hantaran pernikahan dalam jumlah yang sedikit saja, jika kata orang bule less is more.  2. Menghias dengan Pita  Salah satu aksesories yang bisa anda gunakan yakni pita. Pita dapat digunakan untuk menghias hantaran pernikahan sebagai tali yang ada di bagian atas. Anda dianjurkan untuk menggunakan pita yang mempunyai bahan kain seperti pita satin, pita jepang ataupun pita organdi. Kesemua pita yang diterangkan yakni pita yang mudah untuk di buat dan digunakan.  3. Kreasikan inspirasi Anda  Supaya hantaran pernikahan yang diserahkan dapat menarik perhatian orang, sebaiknya anda bikin bentuk yang berbeda pada setiap hantaran. Dengan bentuk yang berbeda, misalnya untuk mukena dapat di buat serupa hewan. Tengah untuk hantaran yang lain, seperti mas kawin (uang) dapat di buat seperti kipas. Bentuk yg tidak sama dapat kurangi kejenuhan dari orang yang melihatnya.  4. Cocokkan Bentuk Hantaran dengan Isi Hantaran  Yang perlu diingat dalam menghiasi hantaran pernikahan yakni dengan cocokkan bentuk hantaran dengan isi yang akan diberikan. Jangan sempat anda pilih wadah hantaran yg tidak sesuai sama isainya. Hantaran pernikahan yang besar juga harus ditempatkan pada wadah yang besar juga. Bila ada tempat yang longgar, jadi Anda bisa menggunakan hiasan untuk mengisinya. Cocokkan hiasan dengan isi hantaran itu.  5. Gunakan Plastik Pembungkus dan Jarum Pentul  Untuk jauhi hantaran pernikahan dari kotoran dan debu-debu yang beterbangan, anda dapat menggunakan plastik yang sebagai pembungkusnya. Misalnya anda bisa menggunakan dengan plastik tipis bermotif untuk memperindah hantaran yang akan digunakan. Jarum pentul dapat digunakan untuk membantu anda yang memiliki maksud supaya hantaran terlihat rapi dan tidak mudah rusak.  6. Gunakan Dua Bahan  Anda bisa cobalah dengan menggunakan dua bahan dalam menghias hantaran pernikahan. Dengan menggunakan dua bahan dapat menghasilkan hiasan yg tidak sama. Jangan sampai terlalu terpaku pada jenis yang ada. Hal unik yang terwujud akan membuatnya terlihat berbeda dari yang lain. Seperti misalnya anda dapat menggunakan motif bola dengan motif salur. Jangan sampai lupa juga untuk selalu memperhatikan keserasiannya. Dan ada Beragam Jenis Hantaran Pernikahan :  Untuk anda yang tengah menyiapkan pernikahan, pasti bukanlah perkara gampang mengatur kelengkapan dari hantaran. Terdapat beberapa barang atau benda untuk disiapkan. Persiapan Pernikahan yang anda kerjakan bakal meliputi dalam pilih barang isi hantaran, serta bagaimanakah mesti membuat hantran itu. Tetapi anda tak perlu cemas, bila tidak mau ribet dalam menyiapkan hantaran.  Di bawah ini saya akan berikan tips2nya :  Pakai layanan pembuat hantaran. Dalam sistem Persiapan Pernikahan, customer dapat dengan gampang mencari layanan ini. Lantaran gampang didapati serta harga dari hantaran memanglah tak terlampau mahal. Seandainya isi dari hantaran itu memanglah benda – benda yang diperlukan.  Pastikan layanan pembuat hantaran yang sudah diakui, lantas ambillah hantaran itu minimum dua minggu saat sebelum hari pernikahan bakal dikerjakan.  Ada barang-barang Persiapan Pernikahan yang perlu ada didalam hantaran, yakni :  Hantaran dengan isi Perlengkapan Shalat  Untuk sebagian pasangan, isi perlengkapan shalat melambangkan bahwa, ini adalah basic dari pernikahan mereka. Dengan melengkapi seserahan Anda dengan type alat shalat seperti sejadah, mukena, serta yang lain, pasti pernikahan bakal jadi makin barokah.  Hantaran berbentuk Perhiasan  Perhiasan jadi hal yang pantas di perhatikan saat menyiapkan Persiapan Pernikahan. Mulai dari macamnya, beratnya, sampai ukuran & jenisnya. Bila anda memanglah punya niat untuk beli perhiasan, jadi upayakan untuk membelinya dalam set, Supaya tampak jadi lebih cantik.  Hantaran Pernikahan diisi Sepatu  Kelengkapan sandal atau sepatu, dapat didapati dengan gampang dalam isi hantaran. Anda dapat memilihnya dengan cara cermat dalam Persiapan Pernikahan. Merk hingga kwalitas dari barang itu, mesti di pastikan mempunyai kwalitas yang bagus.  Hantaran Diisi Kosmetik  Wanita serta kecantikan memanglah tak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, sistem Persiapan Pernikahan juga diperlukan untuk menyiapkan alat – alat kosmetik untuk sang mempelai wanita, supaya tampak makin cantik.  Hantaran Diisi Kebaya  Salah satu type seserahan ada yang diisi kebaya, hantaran ini dapat diketemukan dalam pernikahan yang memakai kebiasaan jawa. Di sini umumnya kebaya diberikan juga sebagai symbol bahwa ke-2 mempelai siap untuk melindungi rahasia dari rumah tangganya.  Hantaran Diisi Makanan  Makanan seperti buah – buahan atau kue kering, yaitu isi dari hantaran yang didapatkan. Umumnya diberikan dengan bentuk mirip parcel.  Di bawah ini ada juga Hantaran Pernikahan Yang Di budidayakan Di ACEH :  Untuk mencarikan jodoh untuk anak lelaki yang telah dikira dewasa jadi pihak keluarga bakal kirim seseorang yang bijak dalam bicara (dimaksud theulangke) untuk mengaturi perjodohan ini. Bila theulangke sudah memperoleh gadis yang disebut jadi terlabih dulu dia bakal meninjau status sang gadis. Bila belum ada yang mempunyai, jadi dia bakal mengemukakan maksud melamar gadis itu.

Pada hari yang sudah di setujui datanglah rombongan orang yang dituakan dari pihak pria ke rumah orangtua gadis dengan membawa sirih juga sebagai penguat ikatan tersebut berisi seperti gambe, pineung reuk, gapu, cengkih, pisang raja, kain atau baju dan penganan khas Aceh. Sesudah acara lamaran iini usai, pihak pria bakal mohon pamit untuk pulang serta keluarga pihak wanita meminta saat untuk bermusyawarah dengan anak gadisnya tentang diterima-tidaknya lamaran itu.

Pertunangan (Jakba Sinyal)

Apabila lamaran di terima, keluarga pihak pria akan tiba kembali untuk lakukan peukeong haba yakni mengulas kapan hari perkawinan bakal dilangsungkan, termasuk juga mengambil keputusan berapakah besar duit mahar (dimaksud jeunamee) yang disuruh serta sebagian banyak tamu yang bakal diundang. Umumnya pada acara ini sekalian diselenggarakan upacara pertunangan (dimaksud jakba sinyal)

acara ini pihak pria bakal mengantarkan beragam makanan khas daerah Aceh, buleukat kuneeng dengan tumphou, bermacam buah-buahan, seperangkat baju wanita serta perhiasan yang sesuai dengan kekuatan keluarga pria. Tetapi apabila ikatan ini putus ditengah jalan yang dikarenakan oleh pihak pria yang mengambil keputusan jadi sinyal emas itu bakal dikira hilang. Namun bila pemicunya yaitu pihak wanita jadi sinyal emas itu mesti dikembalikan sebesar 2 x lipat.

Mendekati Perkawinan

Satu minggu mendekati akad nikah, orang-orang aceh dengan cara bergotong royong bakal menyiapkan acara pesta perkawinan. Mereka mengawalinya dengan bikin tenda dan membawa beragam perlengkapan atau peralatan yang nanti digunakan ketika upacara perkawinan. Mengenai calon pengantin wanita pada awal mulanya bakal melakukan ritual perawatan badan serta muka dan lakukan kebiasaan pingitan. Selam saat persiapan ini juga, sang gadis bakal diarahkan tentang langkah hidup berumah tangga dan diingatkan supaya telaten mengaji.

Diluar itu bakal dialksanakan kebiasaan potong gigi (dimaksud gohgigu) yang mempunyai tujuan untuk meratakan gigi dengancara dikikir. Supaya gigi sang calon pengantin tampak kuat bakal dipakai tempurung batok kelapa yang dibakar lantas cairan hitam yang keluar dari batok itu ditempelkan di bagian gigi. Kemudian calon pengantin meneruskan dengan perawatan luluran serta mandi uap.

Terkecuali kebiasaan menjaga badan, calon pengantin wanita bakal lakukan upacara kruet andam yakni mengerit anak rambut atau bulu-bulu halus yang tumbuh supaya terlihat lebih bersih lantas dilanjutkan dengan penggunaan daun pacar (dimaksud bohgaca) yang bakal menghiasi ke-2 tangan calon pengantin. Daun pacar ini bakal dipakaikan sekian kali hingga membuahkan warna merah yang tampak alami.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan mengadakan pengajian serta khataman AlQuran oleh calon pengantin wanita yang setelah itu dimaksud calon dara baro (CBD). Selanjutnya, dengan baju spesial, CBD menyiapkan dianya untuk lakukan acara siraman (dimaksud seumano pucok) serta didudukan pad asebuah tikaduk meukasap.

Dalam acara ini bakal tampak sebagian orang ibu bakal melingkari CBD sembari menari-nari serta membawa syair yang mempunyai tujuan untuk memberi nasehat pada CBD. Ketika upacara siraman berjalan, CBD bakal segera disambut lantas dipangku oleh nye’wanya atau saudara wanita dari pihak orang tuanya. Lalu satu persatu anggota keluarga yang dituakan bakal memberi air siraman yang sudah diberikan sebagian type bunga-bungaan spesifik serta diletakkan pada meundam atau wadah yang sudah dilapis dengan kain warna berlainan yang sesuai dengan silsilah keluarga.

Upacara Akad Nikah serta Antar Linto

Pada hari H yang sudah ditetapkan, bakal dikerjakan dengan cara antar linto (mengantar pengantin pria). Tetapi saat sebelum pergi kerumah keluarga CBD, calon pengantin pria yang dimaksud calon linto baro (CLB) menyempatkan diri untuk terlebih dulu meminta ijin serta memohon doa restu pada orang tuanya. Kemudian CLB dibarengi rombongan pergi untuk melakukan akad nikah sembari membawa mas kawin yang disuruh serta seperangkat alat solat dan bingkisan yang diperuntukan untuk CDB.

Disamping itu sembari menanti rombongan CLB tiba sampai acara ijab Kabul usai dikerjakan, CDB cuma diijinkan menanti di kamarnya. Diluar itu juga cuma orang-tua dan kerabat dekat saja yang bakal terima rombongan CLB. Waktu akad nikah berjalan, ibu dari pengantin pria tak diperbolehkan ada namun dengan berubahnya saat rutinitas ini di hilangkan hingga ibu pengantin pria dapat ada waktu ijab kabul. Kehadiran sang ibu juga diinginkan waktu menghadiri acara jamuan besan yang bakal diselenggarakan oleh pihak keluarga wanita.

Sesudah ijab kabul usai dikerjakan, keluarga CLB bakal menyerahkan jeunamee yakni mas kawin berbentuk sekapur sirih, seperangkat kain kebiasaan serta paun yaitu duit emas kuno seberat 100 gr. Kemudian dikerjakan acara menjamu besan serta seleunbu linto/dara baro meyakini acara suap-suapan diantara ke-2 pengantin. Arti dari acara ini yaitu supaya keduanya bisa bersamaan searah saat melakukan biduk rumah tangga.

Upacara Peusijeuk

Yakni dengan lakukan upacara tepung tawar, berikan serta terima restu lewat cara memerciki pengantin dengan air yang keluar dari daun seunikeuk, akar naleung sambo, maneekmano, onseukee pulut, ongaca serta lain sebagainya minimum mesti ada tiga yang gunakan. Acara ini dikerjakan oleh sebagian orang yang dituakan (sesepuh) sekurangnya lima orang.
Baca Juga : Mahar Pernikahan Dalam Al Qur'an
Namun sekarang ini untuk orang-orang Aceh umumnya ada asumsi bahwa acara ini tak perlu dikerjakan lagi lantaran di kuatirkan dicap mengikuti kebudayaan Hindu. Namun dikalangan ureungchik (orang yang telah tua serta sepuh) budaya seperti ini adalah tata langkah kebiasaan yang mutlak dikerjakan dalam upacara perkawinan. Tetapi kesemuanya pasti bakal berpulang lagi pada pihak keluarga sebagai pihak penyelenggara, apakah kebiasaan seperti ini masih tetap butuh dilestarikan atau tak pada generasi selanjutnya.

Baca Juga Artikel Yang Terkait Di bawah ini :
  1. Baca juga Artikel Kado Pernikahan
  2. Baca juga Dekorasi Pernikahan
  3. Baca juga artikel kado istri Tercinta
  4. Baca juga artikel hadiah untuk Suami
  5. Baca juga artikel kado untuk ibu
  6. Baca juga artikel kado untuk Ayah
  7. Baca juga kado untuk Sahabat Terdekat
  8. Baca juga artikel Kado untuk Pacar
  9. Baca juga cara membungkus Kado
  10. Baca juga artikel kado Untuk Pacar Wanita

Persiapan Hantaran Pernikahan Dan Hantaran Pernikahan Adat Aceh (serahan) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Related Post